web penyedia fasilitas e-mail

Minggu, 04 Desember 2011


A.     Pengertian
Web Mail (Web based e-mail) adalah layanan e-mail yang basis aksesnya adalah dalam bentuk halaman web. Jika ingin mengakses, memeriksa atau mengirim e-mail, maka harus masuk ke situs web penyedia layanan e-mail dimaksud. Tidak ada jalan lain untuk mengakses e-mail kecuali dengan cara tersebut.
Protokol yang digunakan sama dengan web yaitu protokol http (hypertext transfer protocol) Akses e-mail menggunakan browser internet seperti Internet Explorer, Mozilla FireFox, Opera dan lain-lain.
Kelebihan :
Kekurangan :
  • Karena beroperasi di halaman situs web, maka fungsi e-mail dapat diakses dari berbagai tempat sepanjang dapat terkoneksi dengan internet.
  • Pada saat mengakses akun e-mail, koneksi tidak boleh terputus.
  • Tidak memerlukan mail client karena dapat berinteraksi dengan layanan tersebut langsung dari situs web.
  • E-mail sulit diarsipkan, karena tersimpan di server penyedia layanan e-mail.

  • Karena beroperasi di halaman situs web, maka fungsi e-mail dapat diakses dari berbagai tempat sepanjang dapat terkoneksi dengan internet.
  • Jika server mengalami masalah, ada kemungkinan e-mail dan bahkan akun e-mail dapat hilang begitu saja.
Kapasitas :
Besarnya media penyimpanan yang digunakan terbatas, tergantung penyedia layanan e-mail tersebut.
B.     Macam-macam Web Mail
1.      Gmail
Gmail (http://gmail.com) adalah layanan email dari google.com. Gmail merupakan layanan email dan chatt. Gmail menyediakan ruang penyimpanan yang tidak terbatas. Jadi Anda tidak perlu takut kehabisan ruang untuk menyimpan email anda. Gmail memiliki banyak fitur seperti POP dan IMAP yang bisa dimanfaatkan untuk menggunakan email client seperti outlook express (termasuk microsoft outlook) maupun aplikasi handphone.
Kelebihan :
Kekurangan :
·         Gtalk, fungsi ini digunakan untuk chatting dengan sesama pengguna gmail secara online, meskipun kalah tenar dari YM tetapi masih banyak yang menggunakan.
·         Tidak ada menu drag and drop
Fitur drag and drop email telah support di Yahoo, namun tidak di Gmail. Tampaknya sederhana, namun pada dasarnya user akan lebih senang yang praktis, ketimbang harus me-check semua email dan kemudian memilih folder lainnya ketika memindahkan sebuah email.
·         Tempat penyimpanan yang besar anda bisa menerima file berukuran besar dengan gmail, dan tepat penyimpanan ini kian besar dari hari ke hari

·         Fitur delete
Memang shortcut keyboard sudah ada di Gmail, namun untuk shortcut penghapusan email bukan berupa tombol yang biasa digunakan, yakni “Delete” di keyboard, malah tombol “#”.
·         Satu login untuk semua jika anda login di gmail maka secara otomatis anda telah login di youtube, blogger dan berbagai fitur lain yang berhubungan dengan google.
·         Fitur label
Gmail tidak menyediakan fasilitas pembuatan folder baru, tapi hanya berupa penberian label baru di masing-masing email. Fasilitas ini memiliki kelemahan yakni email masih akan tetap tampil di kotak inbox.

·         Scan email
Gmail memang melakukan scanning email di semua inbox, sehingga Google dapat memasang iklan yang tepat sasaran. Oleh karena itu, email user bisa dibaca orang lain, dan pemilik inbox tidak bisa berbuat apa-apa, mengingat itu semua adalah layanan dari Gmail.

·         Statis signature
Layanan email lain masih memberikan fasilitas membuat lebih dari satu signature untuk banyak alamat email. Namun, di Gmail user harus repot mengganti signature secara manual setiap alamat email yang berbeda.

2.      Yahoo Email Service
Yahoo merupakan perintis layanan email gratis sehingga memiliki banyak pengguna. Di samping layanan emailnya, yahoo juga banyak digunakan untuk chatting dengan aplikasi instant messenger atau sering disebut YM. Yahoo juga menyediakan ruang penyimpanan yang tidak terbatas, akan tetapi yahoo international dengan TLD .com tidak memiliki fitur POP dan IMAP. Layanan tersebut hanya terdapat pada Yahoo Regional seperti Yahoo.co.id untuk Indonesia.
Kelebihan :
Kekurangan :
·         YahooMesenger "YM" siapa yang tidak kenal YM fitur untuk berchatting ria ini mempunyai aplikasi sendiri, anda dapat mendownload aplikasinya di yahoo. Add YM hapehatelo ya di hapehatelo@yahoo.com

·         Data active friend
Active friend = jumlah orang yang sudah menjadi teman kita, bukan jumlah teman kita yang sedang online, begitu juga tentang jumlah user pada tempat dimana kita check in, tidak menunjukkan orang yang online pada area tersebut, malainkan jumlah orang yang pernah berkunjung (check in) pada lokasi tersebut.
·         Tempat penyimpanan yang lumayan besar hampir sama dengan gmail yahoomail juga mempunyai tempat penyimpanan yang besar

·         Tidak ada chat
Alangkah menyenangkan andai kita bisa tau orang yang ada di sekitaran kita, lalu bisa berbincang dengannya juga lewat chat, meski mungkin ini kurang perlu (soalnya sudah ketemu kok pake chat hehehehe :mrgreen: ) tapi paling tidak khan lebih menyenangkan. Karena saya rasa fitur chat ini jugalah yang membuat Facebook lebik unggul dibanding Twitter. Tapi kalau melihat jumlah posting kita saja jumlah karakternya saja dibatasi seperti twitter ya tidak heran, berarti khan koprol lebih suka menjadi ‘adik’ twitter.
·         User Interface yang menarik yahonmail mempunyai user interface yang lebih menarik dibanding gmail, tak hanya menarik tetapi juga mudah digunakan, meskipun oleh pemula.

·         Unread Message membingungkan
Saat kita mendapati peringatan adanya unread message (saya lebih senang menyebutnya new update), lalu kita mencoba untuk mengetahui ada hal baru apa yang berusaha disampaikan, kita akan mengalami kesulitan. Berulang kali saya mencoba klik link tersebut, tapi ujungnya ya kembali lagi ke halaman stream (home) karena unread message di sini cuma merupakan pertanda adanya hal baru, tidak merupakan link yang membawa kita pada halaman lain yang berisikan daftar hal baru tersebut (notofocation kalau di Facebook). Hal ini akan teratasi dengan mudah saat kita menggunakan ponsel untuk mengakses koprol.com, kita akan langsung ditunjukkan ke tempat dimana update terbaru tersebut berada.

·         Tidak ada koleksi Foto
Namanya juga ‘adik’ twitter, ya mirip sekali lah. Di Koprol.com kita tidak memiliki kesempatan untuk membuat album foto, foto yang bisa kita pakai buat ekspresi diri ya cuma foto profil kita.

·         Tidak ada message (pesan)
Seperti yang saya katakan di point ketiga, saya lebih senang menyebutnya new update. Karena di koprol.com tidak ada fitur yang memungkinkan kita untuk mengirim pesan langsung kepada seseorang yang kita inginkan. Paling parah ini, twitter saja masih punya fitur ini.


3.      AIM Mail
http://dashboard.aim.com/aim AIM Mail, layanan email gratis berbasis web dengan ruang penyimpanan tidak terbatas, perlindungan spam yang bagus dan antar muka yang mudah digunakan. AIM Mail juga menawarkan akses POP dan IMAP sehingga lebih fleksibel bagi anda yang mempunyai rutinitas tinggi dalam penggunaan email. Sayangnya AIM Email tidak memiliki kelebihan pada produktivitas seperti pelabelan, folder dan pembagian surat-surat.
Kelebihan :
Kekurangan :
·         Mempunyai fitur tingkat keamanan dan perlindungan dari spam yang sangat tinggi.
·         Tidak memberikan adanya label untuk mengorganisir email.
·         Tampilan yang menarik sehingga mudah untuk digunakan dan email terintegrasi dengan kalender dan chat.
·         Mengirim email dengan menggunakan tampilan web yaitu menambah tags line.
·         AIM Mail memberikan kapasitas email yang tidak terbatas dan menyediakan akses melalui POP atau IMAP.
·         AIM Mail support dapat menjadi sulit untuk digunakan.

4.      Windows Live Hotmail
http://hotmail.com. Merupakan penyedia layanan email gratis dengan ruang penyimpanan sebesar 5 GB, sistem pencarian yang cepat, keamanan yang solid dan antar muka yang mudah digunakan sebagai program email desktop. Windows Live Hotmail selalu memeriksa email yang masuk dengan scanning virus sehingga lebih aman. Akan tetapi dengan jalanya fitur-fitur tersebut, kecepatan akses dikorbankan sehingga menjadi lebih lambat.
Kelebihan :
Kekurangan :
·         MSN Hotmail dapat mendeteksi email yang masuk sebagai spam sehingga kita dapat menerima email hanya dari pengirim yang kita kenal.
·         Hotmail tidak memberikan akses POP3 atau IMAP secara gratis. Jika ingin mengePOP maka kita harus membayar kepada Microsoft.
·         MSN Hotmail mempunyai tampilan yang mudah untuk digunakan.

·         Hotmail mempunyai tingkat security yang tinggi dengan adanya fasilitas Virus Protectea E-mail (bekerja sama dengan McAfee Security Service for MSN yang terdiri dari Virus Scan Online personal Firewall dan privacy service untuk meningkatkan kedalam sistem), SSL (Secure Sockets Layer) sebagai komunikasi protokol untuk mentransmisi informasi yang sesuai kepada penerima dimana ketika log in dikirim, maka semua data akan dienkripsi dan dikirim kembali dengan menggunakan SSL Koneksi, sehingga tidak semua orang dapat membaca atau mengakses data yang sudah ditransmisi.



5.      GMX Mail

http://www.gmx.com GMX Mail menawarkan akun email dengan ruang penyimpanan sebesar 5 GB dengan fitur POP sebaik layanan IMAP (untuk setting POP ke Microsoft Outlook). Dengan memiliki akun GMX Mail Anda juga bisa membaca akun email lain termasuk Yahoo, Gmail, dan Windows Live Hotmail.
Semua email yang datang otomatis akan discan untuk menyaring virus sehingga kotak masuk Anda akan berada dalam keadaan bersih dari virus. Selain fitur-fitur diatas masih banyak lagi yang ditawarkan GMX Mail untuk calon penggunanya.
*Catatan: selain GMX.COM, ada juga GMX.NET. Hanya saja yang GMX.net sejak tahun 2006 lalu sudah tidak bebas dimiliki oleh user yang berada di luar Swiss dan Jerman. Kebetulan saya memiliki akun ini sejak 2002, ketika masih boleh dimiliki oleh user dari negara lain. Sampai sekarang (GMX.NET) saya masih menggunakannnya. Hanya saja interface-nya berbahasa Jerman. Service-nya? OK!

6.      TELKOM.NET
TELKOM.NET merupakan penyedia telekomunikasi utama di Indonesia dan mulai mengembangkan diri dengan kemajuan zaman termasuk penyedia Internet langsung tanpa berlangganan yang dinamakan senagai Telkom.netInstan.
Kelebihan :
Kekurangan :
·         Mempunyai akses yang lebih cepat dibandingkan email dari luar seperti Google Mail, Yahoo Mail, dll.
·         Kurangnya fasilitas serta fitur yang disediakan seperti Anti Spam atau blocking address dan buku alamat. 
·         Tampilannya sederhana dan minimalis sehingga mudah untuk dimengerti dan digunakan oleh orang awam.

·         Tidak adanya gangguan dari baner-baner iklan sehingga terhindar dari adanya email spam yang dapat memperlambat akses mail.

·         Adanya delivery notifications yang dapat memberitahu apakah email kita sampai atau gagal dibandingkan dengan freemail lokal lainnya.


7.      PLASA.COM
Plasa.com adalah situs web mail yang dimiliki oleh Telkom sebagai salah sattu perusahaan telekomunikasi di Indonesia dan sebagai penyedia jasa layanan email gratis di Internet. Plasa.com menyediakan web mail gratis dengan kapasitas 10 MB dan dapat diakses via web menggunakan tampilan web mail yang jelas. Namun mulai awal tahun 2006, Plasa.com telah mengupgrade kapasitas emailnya dari 10 MB menjadi 100 MB. Dengan kapasitas yang lebih besar ( 10 kali lipat ) ini maka pengguna dapat menerima jumlah email yang lebih besar.
Plasa.com web mail juga memberikan dukungan SMTP dan POP3 sehingga dapat diakses menggunakan berbagai macam aplikasi email client yang tersedia seperti Microsoft Outlokk tm, Outlook Express tm, Endora Pro tm, serta Mozilla Thunderbird. Plasa menyediakan berbagai fitur dasar buat layanan e-mail, seperti membuat dan menghapus folder untuk pengelolaan e-mail dam pembuatan tanda tangan, blog, kartu ucapan, berita-berita hangat terbaru, serta buku alamat. Selain itu juga dapat mengakses ke semua layanan Plasa.com seperti music mail, plasa messenger, komunitas sekolah yang memberitahukan mengenai info-info sekolah, dapat melihat data tagihan telepon rumah (telkom) melahir situs ini dan masih banyak lagi.
Namun fitur-fitur lain yang standar pada layanan e-mail diluar negeri seperti filter atau peranti untuk memerangi spam belum disediakan.
Kelebihan :
Kekurangan :
·         Tampilannya yang sederhana dan aksesnya yang berbahasa Indonesia sehingga lebih mudah dimengerti oleh orang awam.
·         Spam mudah masuk karena belum ada fitur yang mencegah adanya spam yang masih. 
·         Kecepatan akses yang lebih cepat jika dibanding akses ke luar negeri.

·         Dengan komunikasi e-mail lokal ini dapaat menghemat bandwitch internet.



0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2010-2011 draw science All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.